6 Alat Ini Bisa Membantu saat Mendaki Gunung

  • Whatsapp

Andess Official Store

Mendaki gunung atau hiking menjadi aktivitas yang disukai banyak orang. Apalagi saat ini untuk mendatangi suatu gunung, sudah semakin mudah dalam hal akses, begitu pula dengan jalur pendakian yang semakin mudah untuk ditempuh. Andess Official Store menyediakan berbagai peralatan keperluan hiking, termasuk peralatan tambahan yang terkadang dibutuhkan.

Read More

Tidak hanya perlengkapan inti, ada banyak jenis peralatan yang sekilas tidak begitu dibutuhkan, tetapi mendatangkan banyak fungsi. Selain itu bisa pula membantu pendakian jadi lebih mudah dan aman.

Alat Pelengkap yang Dibutuhkan Ketika Mendaki Gunung

Saat mendaki gunung, hingga memutuskan berkemah, terdapat beberapa alat yang bisa dibawa dan sebenarnya tidak terlalu merepotkan, juga akan sangat membantu Anda, di antaranya sebagai berikut.

1. Kompor Portable

Kesulitan bila harus memasak di atas api unggun? Anda bisa bawa kompor portable khusus untuk hiking dan berkemah yang banyak dijual di toko. Khusus untuk pendakian ataupun camping, ukuran kompor lebih kecil dan tidak terlalu berat.

Cara menyalakannya pun mudah. Bentuk atau jenis kompor portable sendiri sangat beragam, ada yang menggunakan spirtus, ada pula yang menggunakan minyak tanah, serta bahan bakar lain yang juga sama-sama mudah dibawa.

2. Lampu Camping/Tenda

Lampu tenda akan sangat dibutuhkan. Bukan lampu utama untuk menerangi area Anda berkemah, tetapi lampu berukuran kecil yang memiliki daya cahaya cukup terang. Banyak yang memilih andalkan lampu senter yang ketahanannya mudah menurun. Sekarang sudah banyak lampu LED yang hemat daya, tetapi cahayanya lebih terang.

3. Masker Full Face

Anda mungkin akan membutuhkan masker Andess Official Store berbahan spandex untuk melindungi area wajah dan kepala. Biasanya jika cuaca berkabut dan suhu udaranya terlalu dingin, Anda membutuhkannya agar area wajah maupun kepala terasa lebih hangat, menghindari terjadinya hipotermia. Tidak hanya itu, tetapi juga sebagai pelindung dari debu atau asap yang bisa dijumpai saat pendakian.

4. Jaket Tambahan dan Anti Air

Terpenting, selalu sedia jaket tambahan yang tahan air untuk langkah antisipasi menghindari cuaca ekstrim. Terkadang para pendaki pemula kurang memperhatikan kemungkinan terjadinya perubahan cuaca yang tidak terprediksi sebelumnya. Termasuk membawa jaket tambahan.

5. Tongkat Hiking

Tongkat hiking lebih baik dibawa untuk membantu Anda berjalan dan mencari jalanan yang aman. Apalagi saat melakukan pendakian berjarak jauh dengan ketinggian yang juga tergolong bukan pendakian biasa. Tongkat akan dibutuhkan untuk membantu Anda melakukan berbagai kegiatan di atas gunung. Termasuk membantu Anda dalam mencari makanan atau minuman di kondisi urgent.

6. Walkie Talkie

Ada banyak alat komunikasi yang bisa Anda bawa untuk berjaga-jaga selain ponsel. Salah satunya menyiapkan walkie talkie untuk diberikan ke rekan pendaki. Signal di gunung memang tidak stabil, bahkan hilang. Anda tidak mungkin bisa berpegang pada ponsel, minimal pastikan tetap bisa berkomunikasi dengan sesama rekan pendaki. Apabila terpisah, Anda bisa langsung menghubungi rekan. Alat lainnya yang bisa ikut membantu adalah membawa gps mini.

Masih banyak perlengkapan tambahan lain yang disediakan oleh Andess Official Store untuk menambah keamanan Anda selama pendakian. Seperti kamera kecil yang bisa dipasang di tubuh, ikat pinggang outdoor, tali, hingga hammock bagi Anda yang perlu. Biasanya para pendaki memakai hammock sebagai alternatif kasur di alam terbuka. Siapkan barang-barang utama dan tambahan jauh dari sebelum keberangkatan untuk pastikan tidak ada yang kurang.

Sumber:

  • https://travel.kompas.com/read/2019/06/26/171000527/udara-sedang-dingin-ini-5-perlengkapan-yang-harus-dibawa-saat-mendaki?page=all
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190913130825-269-430364/alat-alat-yang-perlu-dibawa-saat-mendaki-gunung

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *